Beberapa Penyebab Masalah Bulu Kucing Rontok


Temukan Bulu-bulu kucing Hewan Peliharaan yang paling disayangi anda melekat di sofa serta pakaian kelihatannya telah adalah hal yang umum untuk pemiliknya, namun saat ini kok, bulu yang rontok kelihatannya makin banyak. Muncul rasa takutan serta kuatir pada anda mungkin saja Hewan Peliharaan yang paling disayangi anda, si kucing tengah sakit atau ketakutan bulu kucing tidak setebal serta seindah dahulu lagi. 

Permasalahan kerontokan bulu adalah permasalahan yang kerap menyerang kucing, terlebih yang berbulu panjang. Menangani permasalahan ini gampang-gampang sulit lantaran pemicunya yang banyak. Sesungguhnya terdapat beberapa pemicu bulu rontok pada kucing, seperti dibawah ini : 

Rontok normal 
Biasanya kucing alami kerontokan bulu sekurang-kurangnya sekali satu tahun yang lalu diikuti perkembangan bulu baru. Sebagian kucing alami kerontokan 2 atau sekian kali satu tahun dengan jumlah yg tidak terlampau banyak. Kerontokan yg tidak terlampau banyak juga berlangsung pada kucing betina dengan cara periodik sesuai sama siklus reproduksi kucing. 

Kekurangan nutris
Anak kucing membutuhkan makanan dengan kandungan protein minimum 30 persen, sedang kucing dewasa 25-30 persen. Diluar itu juga membutuhkan beragam vitamin serta nutrisi lain supaya terus sehat serta situasi kulit serta bulu juga terus maksimal. Makanan kucing komersial yang relatif murah umumnya memiliki kanduingan protein yang rendah serta tak memiliki kandungan beragam vitamin serta nutrisi penambahan yang dibutuhkan kucing. Pemecahannya ubah atau campur dengan makanan yang komplit serta seimbang nutrisinya (balanced & complete nutrition). Vitamin yang terkait erat dengan perubahan bulu yaitu vitamin A serta E. 

Keunggulan vitamin 
Sepertihalnya kekurangan vitamin, keunggulan vitamin dapat juga mengakibatkan bulu rontok serta kulit kering, berkerak serta terkelupas. 

Suhu kandang/rumah terlampau panas 
Manfaat kulit serta bulu yaitu membuat perlindungan tubuh dari beragam dampak lingkungan serta penyakit. Kulit serta bulu juga berupaya mengatur suhu badan dalam batas spesifik. Pada tempat beriklim dingin bulu bakal terangsang untuk tumbuh lebih tidak tipis serta panjang lantaran berperan menghindar hilangnya panas dari badan. Demikian sebaliknya kucing condong merontokkan bulunya sendiri apabila lingkungan rumahnya terlampau panas. Letakkanlah kucing di tempat yang sejuk, kering serta bersih dengan aliran hawa yang lancar. 

Shampoo & Mandi 
Shampoo yang tidak cocok untuk kucing baik dari sisi kandungan serta derajat keasaman (ph) bisa mengakibatkan kerontokan. Sebagian shampoo yang banyak busanya memiliki kandungan deterjen yang cukup tinggi yang bisa menghematasi kulit serta mengakibatkan kerontokan. Frekwensi mandi yang terus-terusan bisa memengaruhi kelembapan normal kulit & bulu kucing. Kelembapan yang terlalu berlebih bisa jadi tempat yang sesuai sama untuk berkembangnya jamur. Demikian sebaliknya kelembapan yang rendah bikin kulit serta bulu kering serta rapuh. Pembilasan serta pengeringan yang prima dapat juga bikin kulit iritasi serta bulu rontok. 

Kutu/Pinjal (flea) 
Gigitan pinjal bisa menyebabkan kemerahan, bengkak serta radang enteng di sekitar gigitan. Apabila jumlahnya banyak, reaksi alergi serta radang pada kulit makin bertambah, mengakibatkan bakal mempertinggi kemungkinan kerontokan bulu yang tumbuh diatas kulit itu. Saksikan juga : Panduan Membasmi Kutu/Pinjal Kucing 

Tungau (mites) 
Umumnya tungau hidup dengan menghisap cairan badan yang ada dikulit, hingga pada akhirnya kulit mati serta kering disebabkan kekurangan cairan serta nutrisi. Tungau seperti demodex serta scabies kerap menyerang kucing. Mahluk ini hidup serta tinggal dibawah kulit dalam lubang serta terowongan yang digalinya sendiri. Reaksi alergi serta radang yang nampak dapat juga jadi parah rusaknya kulit serta bulu. 

Jamur (mold) 
Indonesia yang ada di daerah tropis dengan kelembapan tinggi adalah daerah yang pas untuk tumbuhnya beragam type jamur. Bulu tidak tipis serta panjang pada kucing juga membuat tempat yang pas untuk tumbuhnya jamur. Salah satu penyakit kulit yang kerap dimaksud Ringworm juga dikarenakan oleh jamur. Terkecuali menyerang kucing & anjing, penyakit ini dapat juga menyerang manusia serta mengakibatkan gatal-gatal dan kemerahan pada kulit. 

Masalah hormon 
Masalah pada produksi sebagian hormon dapat juga memengaruhi situasi kulit serta bulu. Salah satu yang paling terang yaitu kebotakan yang berbentuk simetris pada ke-2 segi badan disebabkan masalah pada hormon adrenal. 

Alergi 
Alergi bisa dikarenakan oleh beragam hal seperti gigitan kutu, makanan, vaksin serta obat-obatan, rumput atau tanaman lain, plastik, dan lain-lain. Pemecahan permasalahan alergi relatif gampang yakni dengan pemberian antihistamin serta menghindari kontak dengan bahan pemicu alergi, yang susah yaitu mencari serta mengidentifikasi bahan pemicu alerginya. 

Obat-obatan 
Obat-obatan anti kanker ketika melakukan kemoterapi dapat juga mengakibatkan bulu rontok. Suntikan sebagian type obat bisa mengakibatkan kerontokan di sekitar tempat suntikan. Bulu umumnya bakal tumbuh kembali sesudah dampak obat habis. 

Masalah kekebalan 
Kerontokan bulu juga terjadi pada beberapa penyakit gangguan kekebalan tubuh seperti autoimun.

Bagikan ke

0 Response

© 2013 - 2014 Pet Center - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Modified by Nanan Setiana
Back to Top