Tips Perawatan Burung Ketika Musim Hujan

Untuk beberapa penggemar burung berkicau cuaca atau hari yang cerah yaitu yang menggembirakan, bagaimanakah tak, lantaran dengan cuaca yang cerah serta normal kita dapat menjemur burung pada pagi hari serta sore hari secara teratur yang bakal memberi faedah untuk burung-burung yang paling disayangi tersebut, walau demikian bila cuaca jelek serta tidak menentu jadi bakal ribet juga menjaga burung. 

Cuaca memanglah tidak bisa diperkirakan pada belakangan ini serta mungkin saja bila cuaca jelek atau kurang baik malah bakal memengaruhi juga performa pada burung peliharaan anda. 

Karenanya waspadalah pada burung-burung anda bila berlangsung cuaca yang kurang baik terlebih-lebih pada saat musim penghujan, lantaran umumnya pada musim penghujan sangatlah rawan penyakit pada burung-burung yang paling disayangi anda, lantaran burung bakal kurang dalam penjemuran serta kurangnya bakal cahaya matahari. 
Cuaca yang kurang bersahabat pada akhir-akhir ini dapat berkibat kurang baik terhadap burung-burung peliharaan Anda.

Pada musim penghujan waspadilah beberapa penyakit yang kemungkinan muncul pada burung kesayangan Anda.

Sebaiknya apabila pada pagi hari terdapat sinar matahari secepatnya Anda keluarkan semua burung peliharaan yang berada di dalam rumah. Jemur selama sinar matahari masih ada.

Hal ini berguna untuk menghindari hawa lembab yang terdapat di dalam sangkar burung terutama kotoran burung yang dapat menimbulkan penyakit.

Berikan makanan yang banyak mengandung vitamin dan antibodi. Apabila cuaca memungkinkan tidak ada salahnya burung dimandikan.

Tetapi tak perlu berlama-lama karena cemas cahaya matahari yang nampak tak berjalan lama. 
Cukup sekedarnya saja burung peliharaan Anda dimandikan. Berikanlah Antiseptik atau cairan desinfektan pada sangkar burung itu. 

Karenanya, baiknya disarankan selalu untuk memerhatikan serta memonitor perubahan dan perilaku burung pada musim pancaroba lantaran karenanya ada pergantian musim umumnya burung bakal beralih seperti umumnya.

Para pe-hobi burung kicau mania, seengganya kita juga harus memperhatikan kesehatan burung walaupun memang kelihatannya burung kita selalu tampil sehat, mau berkicau, tapi kita juga harus memperhatikan dan selalu memantau perkembangan burung serta tingkah lakunya setiap hari, apalagi jika burung yang dirumah anda termasuk cukup banyak, wah harus extra perhatiannya satu persatu, karena jika kita telaten dan selalu memperhatikan burung satu persatu kita akan mengetahui sedini mungkin dan dapat diatasi atau diobati agar tidak terlambat parah sakitnya.

Ada beberapa gejala-gejala umum pada burung yang kurang sehat dan itu jelas kita lihat dengan mata telanjang, diantaranya salah satunya ialah:
  • Burung akan malas berkicau, jika memang biasanya sangat rajin.
  • Mata kelihatan mengantuk dan lesu serta kelihatan kurang gerak/tidak bergairah.
  • Bulu terlihat merinding atau menggembul dan selalu ada dipinggir tangkringan.
  • Bulu tampak kusam tidak mengkilap.
  • Tidak adanya nafsu makan yang sangat lahap.
  • Adapun jika berkicau atau ngoceh hanya seadanya. 
  • Jika dimandikan ditempat pemandian akan kelihatan malas dan hanya diam.
Itu yaitu banyak hal yang butuh kita cermati meskipun nampaknya memanglah umum atau umum, namun di balik itu seluruhnya kita juga butuh memerhatikan perilaku burung itu dari umumnya. 

Bila ada di antara burung-burung itu alami hal yang sama di atas dapat disebutkan burung itu tengah atau alami ada yang di rasa atau sakit, karenanya kita mesti cepat lakukan pencegahannya serta memberikannya penyembuhan, serta burung yang terlihat sakit itu mesti dapat dipisahkan atau dijauhkan dari burung yang lain yang sehat supaya tak tertular atau dapat pula bila kita memiliki tempat spesial atau sangkar untuk di karantina.

Bagikan ke

0 Response

© 2013 - 2014 Pet Center - All Rights Reserved - Protected by DMCA
Modified by Nanan Setiana
Back to Top